8 Universitas Indonesia Yang Memiliki Program Studi Game

8 Universitas Indonesia Yang Memiliki Program Studi  Game Perkembangan industri game di Indonesia sedang menuju tahun yang cerah. Kita dapat melihat dalam laporan oleh Newzoo dua tahun lalu, di mana pasar game Indonesia yang besar pada 2017 diperkirakan akan mencakup 21 persen dari total di Asia Tenggara yang diperkirakan mencapai USD 2,2 miliar (sekitar Rp. 29,4 triliun).

Sementara tingkat industri video game di negara ini, menurut perkembangan pasar, proses regenerasi diperlukan. Inilah peran perguruan tinggi sebagai mesin cetak baru yang berbakat.

Di Indonesia, sejumlah pengajaran membuka perusahaan layanan video game untuk memenuhi tantangan industri game di negara ini.

Universitas apa di Indonesia yang memberikan konsentrasi dalam permainan? Ini daftar.

A. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara

Sejak September 2012, Departemen Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara (Binus) membuka konsentrasi dalam program game studi yang disebut aplikasi dan teknologi game. Layanan ini tidak hanya fokus pada pemrograman, tetapi juga realisasi konsep seni dan bermain.

Tujuan pertandingan program studi di Inktomi adalah aplikasi pembelajaran membuat permainan berdasarkan teori-teori keadaan industri saat ini dan masa depan. Beberapa kursus yang diajarkan meliputi desain dan analisis algoritma, rekayasa perangkat lunak, grafik komputer, bahasa pemrograman, interaksi manusia-komputer dan lainnya.

Menariknya, untuk memulai kurikulum ini, Inktomi juga memperkenalkan desainer game Final Fantasy VI, Takashi Tokita Square Enix, untuk membahas potensi game mobile di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut tentang kursus ini dapat ditemukan di situs resmi dan halaman Facebook resmi Inktomi.

B. Institut Teknologi Sepuluh November

Institut Teknologi Sepuluh November 

Tidak hanya para profesional berpengalaman untuk memproduksi dan yang termasuk robotika industri, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) juga terlibat dalam bidang permainan melalui program master dalam teknologi Game Masters.

Kurikulum adalah upaya kolaboratif dengan Kantor Perencanaan ITS Departemen Luar Negeri Pendidikan Nasional adalah kombinasi dari desain grafis dan teknik komputer.

Game program Topics Technology adalah seorang guru sekolah menengah yang dididik untuk dapat mempelajari modul-modul yang hadir sebagai game dan perangkat lunak. Melalui permainan dan aplikasi kreatif, pendidik harus memperkenalkan pengajaran dan pembelajaran yang efektif untuk siswa mereka.

C. Politeknik Teknik Elektro Surabaya

Politeknik Teknik Elektro Surabaya 

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), yang terletak di sebelah ITS, juga membuka kursus dengan topik D4 Game Technology. Misi dari kursus ini adalah untuk mencetak para ahli dan melatih kemampuan untuk bekerja sama dalam kewirausahaan di bidang permainan

Ruang lingkup studi game di perguruan tinggi yang menjadi tuan rumah Prime Gaming Surabaya 2016 termasuk mempelajari mesin game, peralatan, dan lainnya. Di luar universitas, PENS juga merupakan mitra pengembang Game Surabaya (bowling) publik untuk menyelenggarakan World Games Jam Surabaya 2017.

D. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) telah dikenal oleh para ahli di bidang teknologi dan industri. Untuk menghadapi tantangan industri baru di era digital, ITB membuka kursus Digital Media dan Games untuk tingkat master. Program Master adalah bagian dari Sekolah Teknik Elektro ITB.

Contoh kursus elektif yang terkait dengan kurikulum teknologi dan game media digital meliputi pemodelan 3D, mesin desain website game judi online seperti contoh situs Betberry , VR, dan lainnya. Jika Anda tinggal di Singapura dan tertarik untuk mengejar gelar master di bidang media digital dan game, Anda akan menemukan informasi tentang program master ini di situs web resmi.

E. Yogyakarta Multi Media Tinggi

Di antara nama-nama universitas dalam daftar ini, sekolah Multi Media (STMM) Yogyakarta sangat unik karena nama program studi yang ditawarkan. Kurikulum Desain Game dengan teknologi, STMM ingin menghasilkan lulusan kreatif untuk memenuhi kebutuhan pasar industri game yang mengedepankan kearifan lokal.

Beberapa kursus yang diajarkan dalam studi Game Design Technology termasuk bermain program studi media, pemrograman, desain grafis, game penulisan skrip, sistem game, desain, dan lainnya. Detail tentang program studi ini dapat Anda lihat di situs web resmi.

F. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang (UM) tidak mau kalah untuk menghasilkan pengembang game yang berkualitas melalui studi program animasi game. Kampus yang sebelumnya dikenal sebagai D3 Malang Teachers ‘Training College menghasilkan lulusan yang dilengkapi dengan kemungkinan game 2D dan 3D.

Menariknya, program studi di bidang permainan dapat dilanjutkan di tingkat Desain Komunikasi Visual Departemen H1 UM dengan konsentrasi di bidang permainan (non-media). Jadi, jika siswa tertarik untuk belajar lebih banyak tentang membuat game setelah mendapatkan D3, mereka dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi tanpa harus pergi ke kota lain.

G. Universitas Ciputra Surabaya

Game yang mengkhususkan diri dalam game di Universitas Ciputra Surabaya termasuk dalam salah satu konsentrasi pendidikan sarjana di bidang teknik komputer. Melalui program ini siswa belajar mempelajari berbagai teknik untuk mengembangkan aplikasi dan game seluler menggunakan alat terbaru, salah satunya adalah kesatuan.

Selain mengajar di Universitas ponsel Android, Ciputra juga melibatkan program dengan pelatihan lisensi Program Pengembang Apple iOS. Jika Anda tinggal di Surabaya dan tertarik untuk membuat game atau aplikasi untuk iOS, program gelar ini ditawarkan oleh tuan rumah kampus GDG Surabaya 2015 dapat dipertimbangkan.

Baca juga : Inilah Perbedaan Dari Pendidikan Tinggi di Indonesia

H. Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia NusantaraKampus, yang berbasis di Serpong, Tangerang, adalah lembaga pendidikan tinggi yang dimiliki oleh Kompas Gramedia. Mirip dengan studi S1 ​​besar dalam permainan di Universitas Negeri Malang kursus di nusantara game Multimedia University (UMN), termasuk di bidang desain komunikasi visual (DKV), tetapi konsentrasi desain media interaktif.

Melalui program ini, siswa diberikan program studi untuk membantu mempersiapkan mereka dalam industri game, khususnya dalam hal desain visual. Beberapa prospek karir yang difokuskan oleh program studi ini termasuk karakter Animator Modeler Game 3D, Rigger Karakter, Direktur Sinematik, Artis Konsep dan Direktur Seni permainan.

Selain kurikulum permainan, UMN juga menyediakan ruang kerja dan inkubator di dalam dan di luar UMN yang disebut SKYSTAR Ventures.

Inilah beberapa nama perguruan tinggi yang menawarkan game dalam program pengembangan Indonesia. Hanya saran sebelum memilih perguruan tinggi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ada baiknya mempertimbangkan pengembangan pengembangan game yang Anda inginkan.

Apakah ini pemrograman sudut pandang teknis? aspek visual? Atau merancang game? Apa pun pilihan Anda, kami berharap daftar di atas dapat membantu.